Download Panduan Lengkap Sukses Aplikasi E-Rapor SMA Tahun 2017

Rekan-rekan semua kali saya akan membagikan Panduan Lengkap Sukses Aplikasi E-Rapor SMA  Tahun 2017 , Aplikasi e-Rapor SMA K13 V.2017 versi tahun 2017 merupakan pengembangan dari versi 1.07 tahun 2016, rekan-rekan semua bisa secara gratis download Panduan Aplikasi E-Rapor SMA Versi 2017 yang sudah saya sediakan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan kebijakan penilaian pendidikan dalam bentuk Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud RI) Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, dan Permendikbud RI Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar

oleh Satuan Pendidikan. Ketiga Permendikbud tersebut mengamanatkan bahwa Penilaian oleh Pendidik dilakukan melalui tahap perencanaan, penilaian, dan laporan hasil penilaian.
Mengacu pada peraturan tersebut, Direktorat Pembinaan SMA mengembangkan aplikasi penilaian berbasis web untuk Kurikulum 2013 dalam bentuk e-Rapor yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengelola penilaian secara tepat, cepat, dan akurat.
Aplikasi e-Rapor SMA K13 V.2017 versi tahun 2017 merupakan pengembangan dari versi 1.07 tahun 2016 berdasarkan berbagai kelemahan dan permasalahan yang ditemukan setelah diimplementasikan di beberapa sekolah. Aplikasi ini juga sudah menyesuaikan dengan panduan penilaian SMA edisi 2017.
Agar aplikasi ini dapat digunakan dengan benar maka disusun Panduan Sukses e-Rapor SMA Versi 2017. Panduan ini menjelaskan tentang karakteristik aplikasi dan teknis pengoperasiannya bagi admin, guru mata pelajaran, guru wali kelas, guru bimbingan dan konseling, dan peserta didik.

Latar Belakang

Sebagai upaya mewujudkan pendataan yang menyeluruh dan terintegrasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan sistem pendataan berbasis teknologi informasi yang diberi nama Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2017 yang didalamnya termasuk data nilai peserta didik.
Aplikasi e-Rapor SMA V.2017 versi tahun 2017 dikembangkan sebagai penyempurnaan dari versi tahun 2016, dalam rangka menjawab berbagai permasalahan yang timbul di lapangan dalam implementasinya pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Juga dalam rangka penyesuaian struktur database pada Dapodik versi 2017.
Mengintegrasikan nilai peserta didik SMA ke Dapodik, Direktorat Pembinaan SMA telah mengembangkan e-Rapor sejak tahun 2016. Aplikasi tersebut telah digunakan secara terbatas pada beberapa SMA. Selanjutnya, dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari pengguna, penyesuaian aplikasi dapodik dan perkembangan kebijakan terkini, maka aplikasi e-Rapor SMA edisi 2016 dikembangkan menjadi versi e-Rapor SMA V.2017.
Agar aplikasi e-Rapor SMA Versi 2017 dapat digunakan dengan baik, maka perlu disusun Panduan Sukses e-Rapor SMA Versi 2017.

Tujuan

Panduan ini, disusun dengan tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan pemahaman kepada admin sekolah tentang aplikasi e-Rapor SMA;
2. Memberikan panduan kepada admin sekolah tentang langkah-langkah instalasi aplikasi e-Rapor SMA;
3. Memberikan pemahaman kepada admin sekolah tentang mekanisme penggunaan aplikasi e-Rapor SMA;
4. Memberikan panduan kepada guru mata pelajaran tentang mekanisme penggunaan aplikasi e-Rapor SMA;
5. Memberikan panduan kepada wali kelas tentang mekanisme penggunaan aplikasi e-Rapor SMA;
6. Memberikan panduan kepada guru bimbingan dan konseling tentang mekanisme penggunaan aplikasi e-Rapor SMA;
7. Memberikan panduan kepada peserta didik tentang mekanisme penggunaan aplikasi e-Rapor SMA.


Tentang Aplikasi e-Rapor SMA K13 V.2017 Versi Tahun 2017
Aplikasi SMA K13 V.2017 versi tahun 2017 adalah penyempurnaan dari aplikasi SMA versi 1.07 tahun 2016, dalam rangka memperbaiki kelemahan dan permasalahan ketika diimplemetasikan sekolah pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.
Aplikasi e-Rapor SMA versi tahun 2017 ini telah dilakukan perbaikan atas struktur database untuk menyesuaikan dengan struktur database Dapodik versi 2017 Melalui perbaikan ini diharapkan e-Rapor akan terus terdukung oleh perubahan database Dapodik sebagai data referensi utama. Aplikasi e-Rapor ini dikembangkan terkoneksi langsung dengan data dapodik.
Adapun perbaikan dan penyempurnaan yang telah dilakukan pada e-Rapor versi 2017 ini meliputi :
1. Perbaikan
a. Perbaikan Instalasi Aplikasi menggunakan Bahasa Indonesia.
b. Perubahan tampilan aplikasi Erapor.
c. Perbaikan pada aplikasi pengambilan data referensi (data sekolah, Data Guru, Data Siswa, Data Kelas dan Anggota Kelas, data mata pelajaran dan pembelajaran) yang bersumber dari data dapodik.
d. Perbaikan pada generate user aplikasi secara otomatis.
e. Perbaikan pada input ekstra, input absensi, prestasi dan catatan wali kelas.
f. Perbaikan bug dan border cetak rapor ke printer maupun format word.
g. Perbaikan cetak Leger Nilai (oleh Admin, Wali Kelas dan Guru BK).
h. Perbaikan pada aplikasi dan sistem sinkronisasi nilai ke dapodik.

2. Pembaruan
a. Pembaharuan Paket Instalasi Aplikasi Erapor.
b. Perubahan struktur database Erapor.
c. Mensinkronkan struktur database erapor dengan database dapodik terbaru.
d. Menonaktifkan fitur edit data untuk kolom data yang bersumber dari data dapodik.
e. Memisahkan referensi lokal dengan referensi data dapodik, serta memberikan akses edit data khusus untuk data yang tidak ada di dapodik.
f. Pemetaan ulang menu aplikasi oleh Admin, Guru, Wali Kelas, Guru BK dan Siswa.
g. Melengkapi fitur Aplikasi untuk Admin, Wali, Guru dan BK.
h. Menambah tampilan rekap absensi dan grafik nilai.
i. Menambah fitur security untuk membatasi akses database langsung, diluar aplikasi erapor.
j. Melengkapi fitur import nilai oleh guru Mata Pelajaran.
k. Melengkapi notifikasi pada perencanaan untuk mengetahui apakah sebelumnya sudah melakukan perencanaan penilaian atau belum.
l. Menambah fitur edit ringkasan kompetensi dan menambah kompetensi oleh guru mata pelajaran masing-masing.
m. Membatasi jumlah karakter ringkasan kompetensi pada aplikasi.
n. Perbaikan pada sistem pengolahan nilai akhir dan deskripsi ketercapaian kompetensi.
o. Penambahan fitur baru pada proses deskripsi siswa oleh guru maupun wali kelas.

p. Menambah fitur validasi saat menampilkan hasil pengolahan nilai, Kirim Nilai dan Proses Deskripsi.
q. Menambah fitur keterlaksanaan penilaian oleh guru yang dapat dipantau melalui admin.
r. Menambah fitur pemantauan status penilaian oleh Admin dan Wali Kelas.
s. Menambah fitur ambil nilai akhir semester 1 (bagi yang menggunakan erapor versi 1.07) untuk dikonversi ke aplikasi e-Rapor versi 2017.
t. Menambah fitur untuk mengecek nilai yang sudah dikirim ke dapodik (mengecek langsung nilai di aplikasi dapodik).
u. Menambah fitur Suplemen rapor bagi Admin, Guru, Wali Kelas, untuk mengakomodir sekolah yang menambah mata pelajaran di luar struktur kurikulum 2013.
v. Menambah fitur backup dan restore data e-Rapor.
w. Menambah fitur untuk pengecekan status penilaian yang dilakukan oleh guru
x. Menambah fitur untuk input nilai rapor untuk KTSP.
y. Menambah fitur untuk input/Import nilai rapor K13 khusus digunakan sebelum Tahun 2016/2017 Genap
z. Menambah fitur untuk input/Import nilai US/USBN khusus digunakan untuk input nilai US/USBN siswa kelas XII pada semester genap mulai Tahun 2016/2017 Genap

Aplikasi e-Rapor Versi 2017 Berbasis Web
Perlu dipahami, bahwa aplikasi e-rapor adalah aplikasi berbasis web, dimana dalam satu sekolah aplikasi e-rapor ini cukup diinstal pada server atau pc yang difungsikan sebagai server.
Sedangkan untuk client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser.
Berikut ini adalah contoh konfigurasi jaringan pada aplikasi e-Rapor menggunakan kabel (LAN) dan nirkabel.

lebih lengkapnya lagi rekan-rekan semua bisa download Panduan Sukses Pengerjaan Aplikasi E-Rapor SMA Tahun 2017 di bawah ini :




Related Posts