Merencanakan Penilaian Harian di Aplikasi E-Rapor

Sebelum melaksanakan proses penilaian, guru mata pelajaran wajib melakukan perencanaan. Perencanaan penilaian yang tersebut meliputi perencanaan penilaian pengetahuan, keterampilan, sikap spritual dan sikap sosial. Perencanaan ini hendaknya dilakukan pada awal semester sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat. 

Rencana penilaian yang telah dibuat dapat dilakukan perubahan, akan tetapi perlu diketahui bahwa perubahan perencanaan penilaian akan berakibat terhapusnya perencanaan serta nilai yang telah diinputkan sebelumnya. 

1. Merencanakan penilaian pengetahuan Berikut adalah langkah perencanaan penilaian pengetahuan.
1) Pilih menu “Rencana Penilaian>>Rencana Nilai Pengetahuan”.
2) Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
3) Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Keterangan: 1: Pilih Kelompok teknik penilaian (Tes Tulis, Tes Lisan, Penugasan) 2: Bobot Teknik Penilaian ( Misal pada test tulis 2, lisan 1, penugasan 1 diserahkan sepenuhnya kepada guru atau kebijakan sekolah. Jika pembobotan dikosongkan, sistem secara otomatis akan membaca bahwa bobot masing-masing teknik adalah sama) 3 : Nama Penilaian ( Misal U1,U2,U3 dst jangan sampai kosong) 4 : Pilih KD yang akan dinilai dengan mengklik ceklist KD yang dimaksud. Untuk suatu KD dapat dilakukan penilaian dengan teknik yang sama lebih dari satu kali sesuai kebutuhan.

4) Klik tombol “Simpan” yang terletak pada bagian kanan bawah halaman untuk menyimpan.

2. Merencanakan penilaian keterampilan Langkah perencanaan selanjutnya adalah merencanakan penilaian keterampilan.

Logikannya, penilaian Keterampilan (KD4) paralel dengan penilaian pengetahuan (KD3), misal pada perencanaan penilaian pengetahuan kita menilai KD 3.1 , maka pada perencenaan penilaian keterampilan, KD 4.1 juga harus dinilai. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:
1) Pilih menu “Rencana Penilaian>>Rencana Nilai Keterampilan”
2) Selanjutnya Merencanakan Jumlah Penilaian
3) Selanjunya .Memilih Teknik Penilaian
Keterangan: 1 : Pilih teknik penilaian (Praktik,Protofolio,Projek,Produk atau teknik lain) 2 : Ketikkan nama penilaian misal P1, P2, P3 dst (jangan dikosongkan) 3 : Pilih KD yang akan dinilai dengan suatu teknik penilaian. Suatu KD dapat dinilai dengan lebih dari satu teknik penilaian. 4) Klik tombol “Simpan” yang terletak di bagian kanan bawah halaman untuk menyimpan perencanaan.

3. Merencanakan penilaian sikap spiritual Langkah merencanakan penilaian sikap spiritual adalah sebagai berikut:
1) Pilih menu “Rencana Penilaian>>Pilih KD Sikap Spiritual”.
2) Selanjutnya Memilih Indikator Sikap Spiritual
Keterangan: 1 : Pilih kelas 2 : Pilih mata pelajaran 3 : Klik cek list indikator sikap spiritual yang akan dinilai 
3) Selanjutnya klik tombol “Simpan” untuk menyimpan rencana penilaian sikap spiritual.
4) Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) selain memilih indikator sikap spiritual maka juga harus memilih KD sikap spiritual.

4. Merencanakan penilaian sikap sosial Berikut ini adalah langkah untuk merencanakan penilaian sikap sosial.
1) Pilih menu “Rencana Penilaian>>Pilih KD Sikap Sosial”.
2) Selanjutnya Memilih Indikator Sikap Sosial
Keterangan: 1 : Pilih kelas 2 : Pilih mata pelajaran 3 : Klik cek list indikator sikap sosial yang akan dinilai
3) Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan rencana.
4) Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), selain memilih indikator sikap spiritual maka juga harus memilih KD sikap sosial.

5. Mengkopi rencana penilaian
Untuk mempermudah pekerjaan perencaan penilaian pada beberapa kelas yang berbeda dalam dalam satu tingkat, kita dapat mengkopi rencana penilaian pada salah satu kelas yang telah kita lakukan rencana penilaiannya. Misal pada rencana penilaian pengetahuan.
1) Pilih menu “Rencana Penilaian>>Rencana Nilai Pengetahuan”
2) Klik tombol “Copy Rencana Pengetahuan”
3) Pilih ” Kelas Asal Perencanaan” (yang telah direncanakan sebelumnya)
4) Pilih “Mata Pelajaran”
5) Pilih “Kelas Tujuan” (kelas yang akan lakukan rencana penilaian yang sama”
6) Klik tombol “Copy Data Rencana Penilaian Pengetahuan”
7) Cara yang sama dapat kita lakukan pada rencana nilai keterampilan, sikap spiritual dan sikap sosial.

6. Pembobotan PH, PTS, dan PAS
Dalam pengolahan nilai rapor (nilai akhir) suatu mata pelajaran perlu direncanakan pembobotan pada masing-masing komponen nilai rapor setiap mata pelajaran. Komponen nilai tersebut adalah penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS). Berikut ini adalah langkah untuk menentukan pembobotan masing-masing komponen nilai rapor (nilai akhir) mata pelajaran.
1) Pilih menu “Rencana Penilaian>>Bobot PH,PTS dan PAS”
2) Jika pada bobot dikosongkan, maka sistem akan membaca sebagai bobotnya sama
3) Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan.

Related Posts