Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik 2018B

Generate Prefill Aplikasi Dapodik 2018b - Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah. Kegunaan Generate Prefill adalah untuk digunakan sebagai bahan untuk Instal Dapodik 2018B bagi sekolah yang terkendalah oleh akses internet atau jaringan.


Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah pengguna berhasil login menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.
Halaman aplikasi prefill dapodik 2018b
Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate ulang prefill, baiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu ketentuan- ketentuan umum generate ulang prefill.


Berikut ini beberapa ketentuan terkait Generate Ulang Prefill:
  1. Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline.
  2. Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.
  3. Masukkan username, password yang lama dan kode registrasi sesuai di aplikasi Dapodik, Jika lupa username/password silakan hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk dilakukan reset ulang.
  4. Untuk sekolah baru, hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk mengaktivasikan username dan password.
  5. Saat registrasi di aplikasi, isi username dan password sesuai pada saat unduh prefill.
  6. Registrasi awal masuk ke dalam aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus online/terhubung internet.
  7. Dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) dapat membantu melakukan generate prefill sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah- sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  8. Jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa (lama). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data)
  9. Kode registrasi, username dan password dapat di-reset oleh admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) jika diperlukan (terjadi pergantian petugas pendataan).

Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-
langkah di bawah berikut:
  • Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
  • Pilih menu Data Prefill.
  • Pilih jenjang yang sesuai.
  • Masukkan username, password, dan kode registrasi.
Cara generate prefill

Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill adalah yang terdaftar terakhir dan tersimpan di server Pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, lakukan konfirmasi dengan operator Dapodik di dinas kabupaten/kota (KK- DATADIK).


Dinas kabupaten/kota dapat membantu melakukan generate ulang prefill sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SD, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun khusus dinas kabupaten/kota di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

  • Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate”. Tunggu proses generate selesai.
    Proses generate prefill dapodik 2018b
    Proses generate prefill
  • Setelah proses generate prefill selesai, selanjutnya akan tampil jendela seperti pada gambar.
Pembuatan prefill selesai dilakukan
Pembuatan prefill selesai dilakukan
  • Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.
    Unduh prefill
    Unduh prefill
  • Unduh prefill dan carpenempatan di folder prefill_dapodik 
    Unduh prefill dan carpenempatan di folder prefill_dapodik
    Unduh prefill dan carpenempatan di folder prefill_dapodik
  • Selesai..
Itulah Panduan singkat untuk Generate Prefill Aplikasi Dapodik 2018B yang  dapat kami bagikan, semoga artikel ini bermanfaat buat rekan2 semua. amin. Baca juga Panduan Instal Dapodik 2018B. Jangan lupa bagikan artikel ini ya. dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

0 Response to "Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik 2018B"

Posting Komentar