Cara Mengisi Mata Ujian dan Mengatasi Gagal Upload File DZ di BIOUN ONLINE

Cara Mengisi Mata Ujian Pelajaran Pilihan di BIOUN Online

Rekan2 semua kali ini admin mau membagikan artikel tentang cara Mengisi Mapel Pilihan dan cara mengatasi Gagal Upload File DZ.
Pertama tentang BIOUN Online SMA/MA, yaitu mengenai masalah Mengisi Mapel Pilihan.

Ok Langsung saja ya temen2, monggo ikuti langkah2x yaa..
1. Login Web BIOUN Online SMA : (https://biounsmama.kemdikbud.go.id/bioun2018)
2. Isi Nama Pengguna, Kata Kunci dan Kode Keamanan
3. Setelah berhasil masuk maka langkah selanjutnya

a. Klik Data Siswa
b. Klik Edit Per Field
c. Pilih Jurusan yang akan diisi
d. Pilih Urutan paralel yang sudah ditetapkan di pdun
e. Centang pada Kode Mata Uji Tes
f. Klik Edit
g. Pilih mapel pilihan pada Kode Mata Uji Tes



Cara Mengatasi Gagal Upload File Dz ke Web BIOUN Online Terbaru

Apa itu File Dz...? File Dz Adalah file hasil yang di download dari web pdun (http://pdun.data.kemdikbud.go.id/) file ini berisi data siswa calon peserta ujian nasional / UN (Kelas 12/9/6), Untuk itu jika mengalami kesahalan data harus diperbaiki melalui Aplikasi Dapodik dulu kemudian kalian syncron dan hasilnya akan muncul di web pdun Atau bisa juga menggunakan Vervalpd.


Perlu diketahui Perubahan data dari Aplikasi Dapodik ke PDUN tidak bisa langsung otomatis berubah ya, tapi harus di syncronkan oleh admin pusat dulu. Tapi perubahan yang kita lakukan dari vervalpd akan langsung masuk ke pdun.Karena kurang telitinya OPS dalam memasukkan/menginput data terutama data yang di lock oleh system, menyebabkan kendala atau eror di vervalpd. Apabila salah dalam memasukan data nomor peserta ujian, entah formatnya salah, digitnya kurang, data dobel dan sebagainya, menyebabkan data tidak bisa di upload ke web BIOUN Online.


Cara Upload File DZ ke Web BIOUN Online, kalau tidak ada yang eror, pasti berhasil. ada beberapa hal yang menyebabkan file dz tidak bisa diupload ke web BIOUN, diantaranya adalah sebagai berikut :

1). Data siswa masih ada yang keliru atau salah
2). Ukuran file 0 atau 1 Kb
3). File Dz bernomor, contoh : 205224444-SMK_CONTOH_(1).dz
4). Data tidak berhasil masuk database dan,
5). Kekuatan Koneksi Internet nya.

Dari beberapa masalah tersebut, bisa kalian pahami dimana diantara masalah tersebut yang dapat menyebabkan file dz tidk bisa di upload.

Nah jika kalian udh bisa menemukan masalah kalian, kalian akan bisa atau akan tau apa yang harus kalian lakukan. Dan perlu di perhatikan juga ya temen2, jangan sampai kalian mengubah atau menambah nama file tersebut.

Apabila data valid sudah masuk PDUN, baru download data tersebut kemudian Upload Ulang ke BIOUN.Insya Allah jika Udah bener semua, pasti Upload file DZ berjalan dengan lancar.

Itulah penjelasan singkat artikel ini. Smoga bermanfaat buat rekan2 semua.amin.

0 Response to "Cara Mengisi Mata Ujian dan Mengatasi Gagal Upload File DZ di BIOUN ONLINE"

Posting Komentar